Sunday, February 17, 2013

hewan dan tumbuhan yang hampir punah di dunia

Keberadaan hewan dan tumbuhan langka di dunia dan keterangannya berikut kami sajikan sebagai bentuk keprihatinan atas makin menghilangnya beberapa keanekaragaman hayati tersebut. Seperti yang diberitakan di beberapa media internasional ( CNN dan discovery) bahwa keberadaan hewan maupun tumbuhan yang hampir punah makin meningkat karena berbagai faktor. Mereka mencapai ratusan dan terus bertambah.

6 Hewan dan tumbuhan langka di dunia dan keterangannya diantaranya sbb:

1. Hainan Gibbon

Hainan Gibbon

Hainan Gibbon
 Hainan Gibbon

Hainan owa hitam jambul atau Gibbon Hainan (Nomascus hainanus), adalah spesies siamang yang hanya ditemukan di pulau Hainan, Cina. Sebelumnya gibbon tersebut dianggap sebagai subspesies dari owa hitam jambul timur (Nomascus nasutus) dari Hoa Binh dan Bang Cao provinsi Vietnam dan Jingxi County di Guangxi Zhuang Autonomous Region, China. Data molekuler, seperti perbedaan morfologi dan panggilan, menunjukkan bahwa mereka merupakan spesies yang terpisah. Habitatnya terdiri dari jenis berdaun lebar dan semideciduous.

Owa Hainan hidup dalam kelompok keluarga kecil dengan satu ekor jenis jantan untuk berkembang biak, dua betina dewasa, dan keturunan mereka. Satu anak biasanya lahir untuk setiap betina dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun. Setelah dua tahun, anak biasanya disapih. Mereka memakan buah matang yang kaya gula, seperti buah ara (Ficus spp.) daun, dan serangga.
Owa Hainan adalah salah satu primata yang paling terancam punah. Pada tahun 1960, sebagian besar dataran rendah Hainan yang digunduli untuk membuat jalan bagi perkebunan karet, menyebabkan penurunan dramatis dalam populasi mereka, memaksa hewan gibbon naik ke daerah dengan ketinggian yang lebih tinggi. Hitungan terbaru menemukan 22 Hainan owa dibagi antara dua keluarga, salah satu dari 11 dan salah satu dari tujuh anggota, dengan empat penyendiri, semua gibbon tersebut berada di Cagar Alam Nasional Bawangling di pulau Hainan.

2. Pygmy three-toed sloth

Pygmy three-toed sloth
Pygmy three-toed sloth

Pygmy three-toed sloth (Bradypus pygmaeus), juga dikenal sebagai monk sloth or dwarf sloth, monk sloth adalah tiga-berujung kecil, endemik ke Isla de Escudo Veraguas, sebuah pulau kecil di lepas pantai Panama, yang terpisah dari daratan hampir 8900 tahun yang lalu. Hanya digambarkan sebagai spesies yang terpisah pada tahun 2001, mereka diperkirakan berasal dari isolasi individu dari populasi daratan cokelat-throated sloths. Populasi menjadi spesies yang berbeda melalui pulau Dwarfisme. Studi menunjukkan hubungan, terbalik linear antara ukuran tubuh rata-rata dan usia pulau untuk populasi pulau sloths di wilayah ini.

3. Luristan Newt

Luristan Newt

Luristan Newt

Kaiser Spotted Newt (Neurergus kaiseri), juga dikenal sebagai Newt Luristan atau Kaisar Spotted Newt) adalah spesies salamander yang sangat berwarna-warni dalam keluarga Salamandridae. Ini adalah endemik di selatan Pegunungan Zagros di Iran. Species ini terutama ditemukan di sungai dataran tinggi yang dikelilingi oleh scrubland kering, tetapi juga dapat ditemukan di tambak dan kolam renang. Air adalah absen dari habitatnya untuk suatu bagian penting dari tahun, di mana spesies ini dikenal estivate. Species ini dianggap sangat terancam karena rentang yang kecil (itu mendiami daerah kurang dari 10 km ²), hilangnya habitat terus menerus, dan penangkapan ilegal salamander untuk perdagangan satwa liar. Pada Januari 2013, semua Newts Kaiser hilang dari alam liar, dan sekarang sisanya hanya hidup di penangkaran.

4. Rafflessia Arnoldi

Rafflessia Arnoldi
Rafflessia Arnoldi


Bunga Raflessia tidak hanya langka di daratan Indonesia, namun juga masuk dalam daftar tanaman langka di dunia. Bunga dengan bentuk yang menarik ini ditemukan terutama di hutan hujan tropis Indonesia. Bunga ini adalah salah satu bunga yang paling langka di dunia, bunga yang paling terancam keberadaannya sekaligus sebagai bunga terbesar yang ada di dunia, bunga ini diketahui dapat mencapai lebar total lebih dari satu meter. Kelangsungan hidup Rafflesia ini sepenuhnya bergantung pada pokok tanaman merambat khusus yang disebut pohon Tetrastigma. Karena Rafflesia adalah bunga parasit yang tidak memiliki batang, tangkai, daun, dan akar, bunga ini membutuhkan pohon tersebut untuk mendapatkan makanannya. Bunga ini sering dijuluki dengan bunga bangkai, karena ia melepaskan aroma daging busuk yang sangat menyengat saat mekar untuk menarik lalat dan kumbang untuk membantu dalam proses penyerbukan. Setelah mekar, bunga ini hanya akan bertahan sekitar satu minggu sebelum akhirnya mati.

5. Paruh Kakatua (Lotus berthelotii)

Paruh Kakatua (Lotus berthelotii)

Paruh Kakatua (Lotus berthelotii)

Bunga indah ini telah digolongkan dalam kategori langka sejak tahun 1884. Bunga ini diyakini benar-benar telah punah di alam liar. Tanaman menakjubkan ini adalah tanaman endemik yang terdapat di Kepulauan Canary. Penyerbukan bunga ini diyakini dibantu oleh burung sunbird, yang diketahui sudah lama punah di Kepulauan Canary. Hal ini dapat membantu untuk menjelaskan kelangkaan tanaman ini. Percobaan telah dilakukan untuk menemukan penyerbuk baru untuk bunga-bunga ini, dengan harapan bahwa mereka dapat berhasil diperkenalkan kembali ke Kepulauan Canary, namun pada 2008, tidak ada buah yang berhasil diproduksi sama sekali.

6. Kosmos Cokelat (Cosmos atrosanguineus)

Kosmos Cokelat (Cosmos atrosanguineus)

Kosmos Cokelat (Cosmos atrosanguineus)

Bunga yang berwarna merah gelap sampai cokelat ini merupakan salah satu spesies dari Cosmos, yang berasal dari Meksiko. Bunga ini telah dinyatakan punah di alam liar selama lebih dari seratus tahun. Spesies ini berhasil bertahan hari ini sebagai klon tunggal yang infertil, yang diciptakan pada tahun 1902 melalui perkembangbiakan vegetatif. Bunga-bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini memiliki ukuran diameter sekitar 3-4 cm. Bunga-bunga ini memiliki aroma vanili yang juga membuatnya menjadi tanaman hias yang indah.  

No comments:

Post a Comment